Rabu, 17 Februari 2010

ERROR PRINTER CANON

KECEPATAN CETAKNYA BERKURANG


Ada beberapa hal yang mempengaruhi mengapa kecepatan cetak sebuah printer berkurang :


§ Pertama karena kita menggunakan tinta isi ulang. Hal itu berpengaruh karena secara tidak langsung kita juga me non aktif kan fungsi ink level.


§ Kedua adalah karena waktu kering yang lama dari tinta. Untuk kasus yang ini, kita bisa melakukan seting pada drying time nya pada bagian maintenance. Biasanya hal ini terjadi pada printer seri menengah, seperti IP4200, MP500.


MP145 ERROR E4


Pada printer MP150 dan MP160 jika terdapat error ini maka anda tinggal menekan SEKALI pada tombol Color copy*, maka masalah akan selesai plus cartridge anda bisa di isi ulang. Tetapi pada printer seri MP145 yang di tekan bukan pada tombol color copy tetapi pada tombol Stop/Reset, dan itu dilakukan selama minimal 5 detik (cat: selama bukan sebanyak, saya beri catatan karena banyak yang rancu 5 kali) dan cartridge sudah bisa digunakan kembali dan bisa di isi ulang.


*Didekat tombol On/Off terdapat 3 tombol. 2 Tombol start dan 1 tombol Stop/reset. 2 tombol start terdiri dari 1 tombol Black copy dengan gambar Putih dan yang 1 tombol lainnya berwarna hijau untuk Color copy. Semua sama pada seri MP160, MP150 dan MP145.


MP145 "ALARAM NYALA"


Pada waktu printer dihubungkan dengan kabel listrik, alarm langsung menyala.


Biasanya error ini akan muncul pada MP145 dan sejenisnya (MP150, MP160) dan biasanya muncul jika printer tersebut sudah "tua".


Untuk sebab pasti masih belum tahu, hanya saja ada beberapa kemungkinan yang bisa saya gambarkan untuk menjadi acuan. Kemungkinan yang paling banyak adalah pada panel unitnya.


Kemungkinan lain ada pada Mainboard dan scanner Unit. Hanya saja untuk kemungkinan yang kedua dan ketiga lumayan jarang. Untuk memperbaikinya tidak ada jalan lain selain replacement sparepart, untuk harga silahkan call service center di kota anda.


ERROR PADA PRINTER CANON


Error message pada printer canon bisa dilihat dari beberapa indikasi. Anda bisa memanfaatkan Printer status atau dari blink/blinking yang muncul saat printer error, atau juga dari pesan error yang muncul melalui display yang ada pada printer yang mempunyai fasilitas LCD panel.


Error yang sering muncul adalah error yang mengindikasikan bahwa printer tersebut mengalami tinta habis atau biasa disebut running low.


Permasalahan tersebut sering atau bisa dikatakan pasti muncul. Jika anda menggunakan printer status monitor maka akan terlihat dengan jelas errornya lalu bagaimana jika kita hanya melihat dari blinking atau pesan error lewat LCD panel ?


Tentu kode-kode tersebut akan sangat membingungkan kita.


Berikut akan saya coba tuliskan cara mengatasi error untuk beberapa seri printer.


§ Pencet tombol resume se-kali


Saya mulai dari seri 1200 karena penggunaan cartridge tipe PG40,cli41 dimulai dari printer ini. Printer sebelumnya (baca;IP1000) tidak pernah mengalami error seperti ini. Indikasi yang muncul dari printer seri ini adalah blink 4x (ingat: bukan blinking*). Untuk menghilangkan error ini anda cukup menekan tombol resume sebanyak satu kali untuk satu cartridge, error inipun muncul jika kita pernah memakai cartridge tersebut diprinter lain sehingga ID cartridge berubah.Saat kita pasang pada printer yang lama maka akan muncul error tersebut karena printer mengenalinya sebagai cartridge dengan ID lain. Untuk printer yang lain sampai seri IP1700 juga sama.


§ Pencet tombol resume minimal 5 detik.


Kapan kita melakukan ini ? Cara ini akan kita lakukan juga untuk mengatasi masalah yang sama seperti diatas. Hanya saja untuk tipe printer yang lain.- Printer IP1880 saat muncul error blink 4 kali.- Printer MP145 saat muncul error e4 atau e6.- Printer MX308/MX318 saat muncul error check ink UXXX* BLK/CLR. Dengan XXX adalah angka.


ERROR E6 PADA PRINTER MP145


Error tersebut mengindikasikan bahwa cartridge ink nya sudah runing low dengan kata lain sudah mau atau sudah habis. Untuk menghilangkan error tersebut cukup mudah " Gantilah dengan cartridge yang baru maka error tersebut akan hilang ".


Error tersebut bisa dihilangkan dengan menekan tombol resume selama 5 detik , dan printer akan bisa digunakan kembali sekaligus bisa di isi ulang. Jika distatus monitor tetep ter deteksi empty, acuhkan saja. Kenapa bisa begitu .. karena dengan menekan tombol resume selama 5 detik berarti kita mendisable fungsi dari ink level atau dengan kata lain fungsi ink level sudah tidak kita gunakan lagi. Jika ingin memunculkan fungsi itu, kita harus mengganti cartridge dengan yang baru.


Ada beberapa kasus yang mungkin semua printer canon akan mengalami hal itu. Tetapi yang paling banyak menjadi keluhan akhir-akhir ini (baca: awal printer 1200 launching) adalah "Printer tidak detek cartrigde".


Ada dua kasus dalam cartridge tidak kedeteksi yaitu :


1. Tidak terdeteksi ink levelnya.


2. Tidak terdeteksi cartridgenya.


Dua keluhan tersebut selalu dikeluhkan dengan bahasa yang sama yaitu " cartridge tidak kedetek" atau " tidak bisa print".


Untuk kasus yang pertama, jika di lihat di status monitor maka pesan error akan terlihat seperti gambar ini.


Figure 1. Press Resume Button al least 5 second


Atau jika dilihat pada printernya secara langsung akan ada indikasi blink 4 kali pada printer seri 1p1200 sampai seri IP1880 dan untuk printer MP 160,MP150, MP145 pada seven segment nya akan muncul error message E4.


Jika hal itu terjadi pada printer anda tidak usah repot-repot dibawa ke service center. Cukup anda tekan tombol resume ;dibawah tombol power untuk seri IP dan tombol paling kanan sebelah tombol copy untuk seri MP; selama paling sedikit 5 detik per cartridge* maka printer akan bisa digunakan lagi. Jika printer anda termasuk seri lama ;IP1200 sampai IP1700; maka cukup menekan tombol resume 1 kali per cartridge*.


Kenapa error tersebut bisa muncul ?!


Untuk printer sebelum IP1700, error tersebut akan muncul jika kita melakukan penggantian cartridge dengan bukan Original atau kita memindahkan cartridge dari printer yang lain atau kita melakukan refill pada cartridge tersebut. Hal itu karena printer sudah mendeteksi ink pada cartridge sudah habis dan harus diganti atau dengan kata lain ink levelnya sudah tidak dikenali oleh printer. Menekan tombol resume 5 detik adalah untuk men disable fungsi dari ink level. Setelah itu maka ink level tidak akan bisa digunakan dan akan di deteksi kosong oleh printer, tetapi printer masih bisa digunakan.


Untuk error yang kedua akan terlihat seperti gambar dibawah ini jika kita lihat dari printer Status monitor.


Figure 2. Catridge not detected


Jika hal itu terjadi, itu berarti cartridge sudah tidak dikenali oleh printer. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa dari cartidgenya sendiri yang memang error, bisa dari carriage Unit nya yang bermasalah atau bisa dari mainboardnya yang memang tidak bisa mendeteksi adanya cartridgenya. Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan cara membersihkan carriage unitnya (tempat cartridge) dengan alkohol + kain lap bersih ;kondisi printer mati; atau juga dengan membersihkan cartridgenya sendiri dengan alkohol + kain lap bersih dengan hati-hati. Jika hal itu tetap tidak bisa, lebih baik di bawa ke service centre terdekat. Karena untuk memastikan harus dilakukan kanibal (compare) dengan part yang masih bagus.


Catatan :


1. Jika yang tidak terdeteksi 2 cartridge, ulangi menekan tombolnya 2 kali.


PIXMA 1980 BERMASALAH


Beberapa hari ini ASC jogja lumayan banyak menerima servisan printer ini. Dan permasalahan yang dikeluhkan pun sama. Yakni paperjam, error blink 3x, bahkan macet sama sekali. Pertama kali saya cek, saya kira hanya permasalahan biasa seperti printer-printer sebelumnya. Tetapi beberapa hari berikutnya kok semakin banyak yang masuk dan keluhannya pun sama. Berikut saya sertakan gambar permasalahannya.




Bagian yang saya kasih warna merah adalah bagian dari sumber permasalahan, dimana roller dalam purger unit yang berfungsi untuk menggerakkan papaer tray saat load kertas lepas dari pegangannya. Dan setelah saya cek lebih lanjut ternyata ada sedikit masalah di pegangannya. Saya kira terlalu tipis sehingga melengkung. Permasalahan lain ada di rollernya sendiri yaitu pada kancing di bagian peer. Menurut saya itu juga agak mudah lepas...


Untuk yang belum memakai infus anda bisa tenang karena jika terjadi masalah seperti diatas ASC akan menggantinya karena masuk dalam garansi. Mudah2an menjadi koreksi untuk pihak canon.


Update : Barusan ada komplain lagi masalah 1980, ternyata saat digunakan untuk print tabel hasilnya cukup mengecewakan, sudah di alignment pun masih mengecewakan, maka dari itu jika anda membutuhkan hasil yang presisi misalkan gamabr-gambar autocad saya lebih merekomendasikan printer yang kualitas medium atau malah yang ukuran A3 seperti IX4000 yang memang didesain khusus untuk autoCAD ..


HASIL CETAKAN BERGARIS ATAU KELUAR NAMUN WARNA PUDAR


Kemungkinan penyebabnya :


§ Ada gelembung udara dalam cartridge (kemungkinan bisa disebabkan saat penyuntikan/pengisian ulang cartridge)


§ Print head kemungkinan tersumbat oleh tinta yang kering (bisa disebabkan karena jarang dipergunakan)


§ Print head rusak/tergores/posisi berubah karena kerusakan fisik


§ salah dalam pemasangan cartridge


§ Ada yang kehabisan tinta untuk warna tertentu atau semuanya


§ Salah settingan pada komputernya


Contoh solusi :


§ Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge (baca manual printer sesuai dengan printernya)


§ Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah.


§ Ganti cartridge yang lama/rusak


§ Jaga benar jangan sampai membuka seal film bagian bawah walo keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali


§ Cek kembali yakinkan saat anda mencetak tidak dalam settingan kualitas cetakan draft atau super ekonomi


§ Ganti print head lama atau yang rusak


HASIL CETAKAN TAK KELUAR SAMA SEKALI


Kemungkinan penyebabnya:


§ Banyak gelembung udara di dalam cartridge


§ Printer dan uzur (tua) atau rusak atau tertutup bagian print head-nya


§ Label berwarna (kuning) tak dibuang


Contoh solusi:


§ Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning selama 2-4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam cartridge (baca manual printer sesuai dengan printernya)


§ Kocok cartridge beberapa kali (3-4) sebelum memasangnya


§ Buang lebel kuning supaya udara bisa mengalir untuk mencetak secara normal


§ Jaga benar jangan sampai membuka seal film bagian bawah walo keluaran bergaris atau tak keluar sama sekali


PRINTER TAK MENGENALI CARTRIDGE YANG BARU DIPASANG


Kemungkinan penyebabnya:


§ Cartridge tak terpasang dengan benar


§ Menyentuh chip kecil pada cartridge dengan tangan atau juga chip tersebut kotor/basah (chip ini mudah rusak)


§ Rusaknya sebagian jalur (rangkaian pada cartridge)


Contoh solusi:


§ Pasang kembali yakinkan secara benar catridenya, matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah.


§ Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan chip bila chipnya memang kotor


§ Cek jalur rangkaiannnya jika ada yang rusak


§ Jika memang tak dimungkinkan tuk diperbaiki beli aja yang baru


SETELAH DIPASANG CARTRIDGE BARU ADA PERINGATAN BAHWA CARTRIDGE YANG TERPASANG TIDAK ASLI


Kemungkinan penyebabnya:


§ Pesan yang umum dari produsen untuk pengguna :D


Contoh solusi:


§ Pesan ini abaikan saja jika ada pertanyaan jawab aja "yes" atau lalukan sesuai permintaan, kasus ini tak mempengaruhi kualitas hasil cetakan dengan printer tersebut


SETELAH MENGGANTI CARTRIDGE BARU, MASIH TETAP KELUAR PERINGANTAN "TINTA HABIS"


Kemungkinan penyebabnya:


§ Hal ini bisa disebabkan karena sewaktu kita mengganti cartridge posisi printer dalam keadaan mati, sehingga memory printer masih tetap dalam keadaan sebelumnya "tinta habis"


Contoh solusi:


§ Matikan dan hidup kan lagi printer, proses mencetak akan dilanjutkan kembali :D

1 komentar: